Monday, November 5, 2012

Ridlo Terhadap Allah, mukjizat semangkuk susu (bagian kesembilan)

Kajian Kitab An-Nashaih Ad-Diniyah Karya Habib Abdullah bin Alwi al-Haddad
Oleh : Ustadzah Halimah Alaydrus


Abi Huraira bercerita. lapar luar biasa. Keluar rumah nih. Cari-cari
orang. Lewat abu Bakar.
"Abu Bakar apa kabar?"
"Baik alhamdulillah abu hurairah".
"Abu Bakar, jatahnya orang kalau punya berapa ekor kambing tuh
zakatnya gimana sih."
"Ohh ya kalau empat puluh ekor kambing wajib satu kambing, kalau
seratus dua puluh satu. Dua ekor kambing."
" Oh gitu ya."
Maksudnya ngingetin buat makanan. Gitu ya.
Tapi ini Abu Bakarnya, wallahualam apakah karena nggak paham atau
karena beliau juga sedang nggak punya makanan mungkin.

Lewat Umar.
" Umar.. Umar..inget nggak kalau orang punya pertanian nih. " Misalnya
punya kebon kurma gitu ya. " nah itu buah kurmanya berapa tuh yang
dizakatin?"

Ya kalau misalnya di airinnya dengan air hujan sepersepuluh. Kalau
nggak pakai air hujan seper dua puluh dari hasil pertaniannya"

"ohh gitu"

Sayidina abu huraira itu hasil didikan rasulullah juga. Nggak gampang
minta. Walaupun dalam keadaan sangat laper sekalipun nggak akan minta.
Di sindir-sindir aja biar inget sama makanan gitu ya.

Lewat kemudian Rasulullah SAW.
"ya Aba Hurairah"
"la baik ya Rasulullah"

Rasulullah langsung nembak " apa yang membikin kamu keluar rumah ?:
" e,,hee.. laper Rasul"
"keluar rumah karena lapar." Kata rasulullah." Saya juga keluar rumah
karena lapar wahai Abu Hurairah, ayo kita jalan ke rumah Fatimah. Aku
dengar dia dapat hadiah satu mangkuk susu. "

Semangkuk susu doing. Lagi lapar luar biasa. Bawa ke rumah Rasulullah.

Abu huraira sudah berharap mudah-mudahan banyak susunya nih. Biar
kenyang deh walau hanya dengan susu.

Ternyata satu mangkuk itu nggak terlalu besar. Kata Abu Hurairah ya
Mudah-mudahan cukup deh buat saya ama Rasulullah. Kedua-duanya lagi
lapar banget nih.

Rasulullah bertanya gini " wahai Abu Huraira berapa jumlah ahli soffah? "

Ahli sofah itu orang-orang yang tinggalnya di masjid doing. Kalau ada
rizky mereka makan. Kalau nggak ada ya mereka makan dzikir. Mereka
kenyangnya dengan dzikir,
Udah, usaha dengan bersabar aja.

Katanya Abu Hurairah " wah banyak mereka Rasulullah, ada sekitar empat
puluhan orang Rasulullah"

" datatngkan mereka kepadaku kemari, bilang sama mereka Rasulullah punya susu. "

Ya.. empat puluh orang. Nggak kenagian deh nih. Nabi Muhammad nggak
tahu apa ya kalau saya lapar kayak begini nih. Aduh lemez kayak begini
suruh manggil empat puluh orang.

Abu Hurairah patuh " hai.. kalian semuanya dipanggil ke rumahnya
Rasulullah . tapi saya bilangin ya Rasulullah itu cuman punya
semangkuk susu doang ."

Maksudnya biar mereka gak berharap banyak. Pergillah mereka 40 orang
ke rumah Rasulullah. SAW.

Abu Hurairah sudah berharap aja, mudah-mudahan Nabi Muhammad minum
duluan, aku minum duluan, baru di kasih minum ke orang-orang.

Ternyata nabi Muhammad ngasih mereka minum duluan. ngasi minum
satu..satu..satu.. sampai mereka semua sudah minum tinggal Abu
Hurairah ngliatin aja , masih ada gak ya. Ternyata itu air susu nggak
habis-habis.

Nah ini adalah salah satu mukjizat nabi besar Muhammad saw . Rahmat
yang ada dalam hatinya itu yang nggak habis-habis. Ya ! bikin susunya
akhirnya juga nggak habis-habis. Jadi berkah susunya.

Sampai mereka udah pada kenyang . mereka pulang dengan perasaan suka
cita tinggal dikit susu tersebut. Abu Hurairah tinggal ngliatin saja.

Kata Rasulullah " ayo nih minum Abu Hurairah"

"nggak Rasulullah, Rasulullah duluan aja yang minum"

Kata Rasulullah "yang ngasi minum orang dia harus yang terakhir
minumnya, , kan saya yang ngasih minum ya Abu Hurairah, jadi kamu
duluan yang minum, biar saya yang terakhr"

"baik ya Rasul" di minum. takut abis. Kan sedikit. jaDi minum
sedikit, hati-hati dia/ " sudah ya Rasulullah"

"ayo minum lagi" minum lagi dia. Nggak habis-habis " sudah ya Rasulullah"

" ayo minum lagi" minum lagi. Agak berani sekarang. Minum pelan-pelan.
Masih ada juga.
"minum lagi Abu Hurairah. " minum lagi
"udah Rasulullah"
" ayo minum lagi " minum lagi, minum lagi, minum lagi ,
Katanya Abu Hurairah " sampai aku berasa susunya sudah sampai di
pangkal tenggorokanku dan air susu tersebut belum habis juga".

" ayo minum lagi Abu Hurairah "


Jhkjhkj , udah nggak bias ngomong. Baru Rasulullah meminumnya dan
habis pada saat itu.

Subhanallah!
Sholallahhu alaih wa ala alihi wa sahbihi wassalam

Allah liat rahmat di hati Rasulullah itu nggak pernah habis bikin
makanan di tangan Rasulullah nggak pernah habis.

Sholallahhu alaih

Nggak pernah untuk dirinya Rasulullah itu kemudian menjadi pelit.
nggak pernah untuk kesenangan dirinya Rasulullah itu kemudian menjadi
tidak punya rahmat sama orang lain. Sampai kapan pun, sampai kapanpun
dan dimanapun nabi Muhammad akan senantiasa mengutamakan ummatnya
daripada dirinya sendiri.

Alhamdulillah nikmat. Punya nabi seperti nabi besar Muhammad.
Sholallahhu alaih wa ala alihi wa sahbihi wassalam


Kita qonaah sama jatah rizki yang Allah swt bagikan kepada kita .
pokoknya yakin aja gini. Nggak akan mati kita sebelum seluruh jatah
rizki kita kita habis makan.

Kalau belum selesai kita habisin jatah rizki kita , udah ketulis di
lauful mahfud udah ketulis dalam ilmunya Allah SWT nggak akan mati
kita. Nggak akan mati. Akan tetapi sampai jatah rizki kita selesai
baru akan berhenti. Kita mati.

Jadi nggak usah khawatir ya . nggak usah hawatir sama urusan rizki
semua sudah dapat jaminan darti Allah SWT .(bersambung)

No comments:

Post a Comment

Post a Comment